Others

Mengenal Lebih Dalam Peer to Peer Lending

Mengenal Lebih Dalam Peer to Peer Lending

Mengenal Lebih Dalam Peer to Peer Lending – Untuk memiliki industri yang dimulai kurang dari satu dekade lalu dan bernilai lebih dari 60 miliar dolar menunjukkan permintaan dan popularitas pinjaman peer to peer yang jelas untuk bisnis.

Industri pinjaman Peer to Peer Lending berada di ambang menyalip pinjaman tradisional karena semakin banyak investor mengejar pengembalian sangat tinggi yang tersedia dalam model pendanaan ini.

Untuk memasukkannya ke dalam perspektif, pinjaman peer-to-peer adalah perkembangan terbaru yang membawa penggunaan internet untuk menghubungkan investor individu yang ingin meminjamkan uang kepada orang lain seperti usaha kecil yang ingin meminjam uang .

Tinjauan umum tentang hal ini menunjukkan bahwa calon peminjam dapat mengajukan kredit pada situs web pinjaman bisnis peer-to-peer.

Investor kemudian diberi kesempatan untuk memilih untuk mendanai sebagian. Atau seluruh pinjaman dan dilunasi secara berkala dengan bunga atas investasi mereka.

Latar Belakang Singkat

Peer to peer lending adalah opsi unik untuk mengumpulkan dana yang dimungkinkan oleh internet. Platform ini sebenarnya tidak meminjamkan uang. Sebaliknya, mereka membangun platform internet yang menghubungkan calon peminjam dengan investor yang bersedia.

Dalam istilah yang lebih sederhana, dapat dikatakan sebagai hibrid crowdfunding. Di mana ada sekelompok kecil sejumlah investor yang bersedia memberikan uang kepada peminjam potensial hanya untuk dilunasi dengan pengembalian.

Hanya beberapa bulan yang lalu, pinjaman online yang didanai oleh investor ritel hanya tersedia untuk peminjam individu sebagai pinjaman konsumen. Namun, ini telah berubah dengan cepat karena usaha kecil sekarang dapat mengakses Pendanaan  Online P2P.

Peer to Peer Lending dan Implikasinya untuk Usaha Kecil

Pendanaan Peer to Peer menawarkan beberapa potensi keuntungan dan kelemahan tertentu. Di sisi manfaat, pinjaman peer to peer dapat memberikan kredit kepada pemilik usaha kecil yang ada di pasar. Untuk pinjaman dan tidak dapat mengamankan mereka dari lembaga pemberi pinjaman tradisional seperti bank.

Seperti Apa Peer to Peer Lending Itu?

Di sisi negatif, pinjaman peer to peer bisa sangat mahal bagi usaha kecil karena mereka cenderung mengenakan suku bunga yang lebih tinggi daripada pinjaman tradisional dari bank. Pada catatan yang sama.

Pinjaman peer to peer ini tidak aman, membuat pemberi pinjaman menanggung semua risiko terutama jika usaha kecil tidak dapat membayar kembali pinjaman.

Pinjaman peer to peer business juga biasanya merupakan pinjaman dengan suku bunga tetap. Dan seringkali bersifat jangka pendek dan tersedia dalam jumlah yang lebih kecil dibandingkan dengan yang ditawarkan oleh bank tradisional.

Namun demikian, mereka sangat penting untuk usaha kecil dalam arti bahwa mereka dapat mengisi kesenjangan. Bagi pengusaha yang mencari pinjaman dalam jumlah kecil, terutama ketika tidak ada pilihan lain atau ketika opsi pinjaman yang ada tidak cocok.

Pada catatan positif, Pendanaan P2P Lending dapat bermanfaat bagi pemilik usaha kecil karena ada keberadaan anonimitas antara peminjam dan pemberi pinjaman.

Penting juga untuk diingat bahwa beberapa pemberi pinjaman bisnis peer to peer dapat melapor ke biro kredit. Sehingga dapat memungkinkan bisnis kecil untuk membangun dan meningkatkan sejarah kredit mereka, yang mungkin sangat penting di masa depan.

Nah, dengan mengenal lebih dalam tentang Peer to Peer Lending, harapannya bisa memberikan pemahaman kepada anda. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda. Sekian terimakasih.