Kesehatan

Cara Mengetahui Hadirnya Furunkel

Cara Mengetahui Hadirnya Furunkel

Furunkel atau bisul merupakan suatu keadaan dimana kulit, memiliki benjolan yang cukup besar dengan isi nanah. Benjolan ini juga terbentuk dan berasal dari bawah kulit, dimana disebabkan oleh bakteri yang terinfeksi di dalam folikel rambut atau kelenjar minyak yang ada. Memang untuk furunkel atau bisul ini, merupakan suatu yang dapat disembuhkan sendiri. Bagaimana dengan furunkel besar?

Mengenal furunkel, memang ada beberapa orang yang masih belum mengetahui bagaimana mengenali furunkel. Furunkel sendiri memang akan sembuh dalam kurun waktu 1 hingga 2 minggu, namun akan semakin baik bukan jika kita dapat mengenali bagaimana gejala yang dimiliki furunkel?

Gejala Furunkel

  1. Terdapat benjolan merah di kulit

Salah satu gejala bisul yang akan terlihat pertama kali, adalah dimana terdapat benjolan merah yang akan terasa menyakitkan. Nantinya pada saat awal bisul akan muncul, benjolan kemerahan tersebut akan muncul dengan ukuran sebesar kacang polong. Benjolan ini juga akan terasa nyeri saat disentuh.

Jika memang anda melihat di tubuh anda terdapat meradang dan benjolan yang bengkak, maka hal ini bisa diartikan sebagai salah satu gejala furunkel. Gejala ini biasanya akan muncul di area yang memang sering berkeringat seperti wajah, ketiak atau bahkan paha dan pantat.

  1. Perhatikan apakah benjolan bertambah besar atau tidak

Jika memang terliat ada benjolan, anda juga bisa memperhatikan bagaimana besarnya benjolan yang ada. Jika memang furunkel tersebut bertambah besar, maka hal ini menandakan bahwa abses yang ada di bawah kulit sudah memiliki nanah. Bahkan ada beberapa kasus yang membuat furunkel ini semakin membesar, sebesar bola bisbol.

Untuk bisa mengetahui pertumbuhan yang dimiliki oleh furunkel, anda dapat memberikan tanda pada benjolan tersebut. Pada saat furunkel akan membesar, biasanya akan menimbulkan rasa sakit dan memiliki tekstur yang lebih lembut saat anda sentuh.

  1. Periksalah nanah yang dimiliki furunkel

Saat nantinya bisul tumbuh, anda dapat melihat bagaimana ujung yang dimiliki oleh bisul tersebut. Perhatikan apakah warna nanah tersebut berwarna kuning atau bahkan putih pucat. Untuk bisul sendiri memang nantinya akan pecah sendiri jika memang bisul mulai kering dan sembuh.

Perlu diingat bahwa nanah tidak akan terlihat pada diawal hingga nantinya bisul akan berakhir dan pecah sendiri. Hindari juga untuk menusuk atau memencet bisul, karena hal ini hanya akan membuat bisul menyebar lebih jauh ke dalam jaringan yang ada.

  1. Berhati-hati jika gejala furunkel semakin parah

Jika memang gejala furunkel muncul dan semakin parah, biasanya akan membuatnya semakin bengkak dan menimbulkan rasa nyeri. Beberapa gejala yang mungkin terjadi adalah demam, kedinginan dan juga perasaan yang tidak enak badan secara umum.

Itulah beberapa gejala furunkel muncul, yang dapat anda ketahui. Anda dapat mengkonsultasikan hal ini kepada dokter untuk bisa menyembuhkan gejala furunkel agar semakin parah.