Kesehatan

Bagaimana Meredakan Trigger Finger yang Masih Ringan?

Bagaimana Meredakan Trigger Finger yang Masih Ringan

Apakah Anda pernah merasakan jari kaku di tengah-tengah aktivitas? Mungkin Anda mengidap trigger finger. Orang yang mengalami kondisi tersebut tentunya akan merasakan jari-jarinya terasa kaku atau sulit digerakan, baik itu menekuk mau pun meregang. Biasanya kondisi yang satu itu banyak dialami orang-orang tua yang umurnya sudah lebih dari 45 tahun.

Kondisi jari yang kaku pastinya akan kesulitan dalam bekerja atau pun kegiatan yang membutuhkan jari harus mencengkram. Untuk perawatannya, hal yang perlu dilakukan bisa saja berbeda tergantung dari tingkat keparahannya. Kalau Anda mengalaminya tapi masih tergolong ringan, Anda dapat melakukan beberapa hal di bawah ini untuk meredakan rasa kakunya.

Mengkonsumsi Obat-obatan

Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk meredakan trigger finger yang ringan yaitu mengkonsumsi obat-obatan yang tepat. Ada beberapa obat yang memang harus Anda konsumsi agar rasa sakitnya tidak lagi Anda rasakan, seperti naproxen atau ibuprofen. Kedua obat tersebut merupakan obat antiinflamasi nonsteroid.

Meskipun Anda mengkonsumsi obat-obatan khusus tersebut, hanya rasa sakitnya saja yang berkurang, bukan pembengkakannya. Tendon yang bengkak tidak dapat diatasi dengan obat tersebut, sehingga Anda harus menggunakan obat lainnya untuk mengurangi pembengkakannya.

Istirahat

Jika Anda sedang tidak memiliki obat ibuprofen atau naproxen, Anda dapat mengistirahatkan sejenak jari-jari Anda. Ketika Anda mulai merasakan tidak nyaman pada jari dan rasanya sudah mulai terasa kaku, ada baiknya Anda berhenti dari kegiatan Anda sementara. Istirahatlah terlebih dahulu yang cukup sampai jari Anda sudah mulai terasa membaik.

Kegiatan Anda tidak memungkinkan beristirahat? Tidak ada salahnya memakai sarung tangan yang memiliki bahan kain yang empuk agar jari-jari Anda tidak semakin terlindungi dengan baik. Jari yang terus menerus mencengkram sesuatu tentunya akan membuatnya terasa kaku, sehingga perlu dilindungi sarung tangan.

Mengenakan Belat

Jika Anda merasakan rasa sakit yang sangat lama, ada baiknya Anda konsultasi ke dokter pengobatan apa yang sebaiknya harus dilakukan. Biasanya dokter akan memberikan belat khusus pada penderita trigger finger jika rasa sakit atau kakunya berlangsung lama sampai malam hari.

Belat yang terpasang akan menjaga jari-jari yang kaku atau pun sakit tetap pada kondisi semula, terutama pada malam harinya. Nantinya belat akan mengistirahatkan tendon-tendon yang mengalami pembengkakan dan sakit. Waktu lama pemakaian belat tergantung tingkat keparahannya, terkadang ada pula yang sampai 6 minggu.

Latihan Peregangan

Ada hal lain yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi trigger finger yang masih tergolong ringan, yaitu latihan peregangan. Selain diberikan belat, dokter juga akan menyarankan pada penderitanya untuk latihan peregangan kalau kondisinya masih belum parah.

Peregangan memang perlu dilakukan agar mobilitas jari-jari Anda tetap terjaga. Tidak perlu melakukan latihan yang berat, cukup regangkan jari-jari Anda buka tutup di mana pun Anda berada.

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan di atas hanya dapat dilakukan kalau trigger finger yang Anda alami masih ringan. Tapi kalau sampai mati rasa, lebih nyeri, dan lebih terasa kaku, bahkan sulit untuk meluruskan jari Anda, segera hubungi dokter untuk diberikan pengobatan lanjutkan.