Kesehatan

4 Obat Radang Tenggorokan yang Bisa Dibeli di Apotek

4 Obat Radang Tenggorokan yang Bisa Dibeli di Apotek

Radang tenggorokan atau faringitis merupakan kondisi di mana faring (tenggorokan) mengalami peradangan, yang menyebabkan rasa sakit saat menelan. Umumnya masalah ini dapat sembuh sendiri tanpa pengobatan dalam waktu seminggu. Namun, untuk mempercepat penyembuhan, ada beberapa obat radang tenggorokan yang bisa dibeli di apotek antara lain sebagai berikut.

Ibuprofen

Ibuprofen merupakan obat yang dijual bebas dan bisa Anda beli tanpa harus menggunakan resep dokter. Obat ini termasuk dalam golongan non-steroid anti-inflammatory drug (NSAID), yang memiliki kemampuan meredakan peradangan, termasuk di tenggorokan. Ibuprofen bekerja dengan cara menghalangi produksi substansi alami yang menyebabkan peradangan.

Selain itu, ibuprofen juga memiliki manfaat lain, yaitu membantu mengurangi pembangkakkan, nyeri dan menurunkan demam yang kerap menyertai peradangan tenggorokan. Minumlah obat ini 4—6 jam sekali atau 3 kali sehari dan jangan berbaring selama minimal 10 menit setelah mengonsumsi obat ini.

Obat ini memiliki efek samping yang menyebabkan rasa tidak nyaman pada lambung. Guna menghindari hal tersebut, saat mengonsumsi obat ini barengi dengan makanan, susu atau antasida (obat asam lambung).

Aspirin

Aspirin mengandung asam asetil salisilat, yaitu bentuk olahan salisin yang banyak terdapat pada tumbuhan. Obat radang tenggorokan yang banyak beredar di pasaran umumnya mengandung aspirin. Aspirin bekerja dengan cara menghambat enzim yang memproduksi dan mengatur kerja prostaglandin, yang meruapakan senyawa dalam tubuh yang diproduksi saat terjadi peradangan.

Dosis aspirin untuk meredakan nyeri dan demam adalah 300—900 mg. Dosis maksimum aspirin adalah 4 gram per hari, jika dikonsumsi lebih dari itu akan menimbulkan efek samping. Sedangkan untuk mendapatkan efek anti peradangan, dosis yang disarankan adalah 4—6 gram per hari atau dikonsumsi 4—6 jam sekali.

Naproxen

Sama halnya dengan ibuprofen, naproxen merupakan obat golongan NSAID, yang bekerja dengan cara menghambat produksi zat yang menyebabkan peradangan pada tubuh. Obat ini cukup efektif digunakan untuk meredakan peradangan dan mengurangi rasa sakit saat menelan.

Cara mendapatkan manfaat obat ini adalah dengan mengonsumsinya 2 kali sehari pada takaran 250—500 mg (naproxen biasa) atau 275—550 mg (naproxen sodium). Dosisi pertama naproxen sodium untuk controlled-realese adalah dua tablet 375 mg (750mg) sekali sehari, satu tablet 750 mg sekali sehari atau dua tablet 500 mg (1000 mg) diminum sekali sehari.

Permen Pelega Tenggorokan

Permen pelega tenggorokan juga cukup efektif untuk meredakan sakit tenggorokan. Umumnya permen ini mengandung ekstrak mentol, peppermint atau eucalyptus, yang dapat memberikan efek sejuk dan mati rasa sejenak pada tenggorokan. Selain itu, permen pelega tenggorokan juga dapat merangsang produksi air liur sehingga tenggorokan tetap lembap.

Itulah beberapa obat radang tenggorokan yang bisa Anda beli di apotek tanpa perlu menyertakan resep dokter. Sebelum mengonsumsi obat-obatan tersebut, pastikan Anda sudah membaca dosis dan aturan pakai secara seksama. Perbanyaklah mengonsumsi air putih dan beristirahat, guna mempercepat proses penyembuhan.